Saturday 27 September 2014

KELAINAN DAN GANGGUAN PADA DARAH



KELAINAN DAN GANGGUAN PADA DARAH
                Pustaka.com,Darah mempunyai beberapa gangguan dan kelainanan diantaranya :
1.Eritroblastosis Foetalis
                Eritroblastosis foetalis adalah penyakit kuning pada bayi yang baru lahir yang diakibatkan oleh agglutininibu menggumpalkan darah bayi tersebut.Hal ini dapat terajadi karena seorang Ibu yang bergolongan dara Rh- Mengandung darah dengan glolongan darah Rh+ .Tanda-tanda bayi yang menderita penyakit tersebut adalah tubuh menggembung oleh cairan,hati,dan limpah membengkak,dalam darah banyak eritroblas (eritrosit yang belum masak yang daya ikatnya terhadap oksigen rendah)dan kulit berwarna kuning keemasan.
2.Trombositopenia
                Trombositopenia merupakan kondisi dimana keping darah sangat sedikit.Penyebabnya antara lain pendarahan kronis melalui pembuluh darah dan kapiler,kerusakan keeping darah,kurangnya produksi keeping darah karena kelainan genetis,anemia pernisiosa,terapi obat,dan terapi radiasi.
3.Hemofili
                Hemofili merupakan kelainan pada darah dimana darah yang keluar dari pembuluh darah sukar membeku.Penyakit ini disebabkan oleh factor genetis.Orang pertama yang diduga mempunyai gen penyebab hemofili adalah Ratu Victoria dari Inggris.
4.Anemia
                Anemia atau penyakit kekurangan darah  mungkin disebabkan karena hemoglobinnya kurang mengandung zat besi,atau memang karena kekurangan sel darah merah.Jika sel darah merahnya yang kurang,hal ini disebabkan karena adanya kuman-kuman penyakit pemakan sel darah seperti cacing tambang,malaria,dan sebagainya.
5.Polistemia
                Polistemia yaitu kekainan yang ditandai dengan terlalu banyaknya sel darah merah sehingga darah menjadi kental,menaikkan viscositas,dan menurunkan kecepatan aliran,serta dapat menyumbat kapiler.Produksi sel darah merah yang besar dan tidak normal sering dihasilkan dari tumor sumsum tulang.
6.Leukemia
                Leukemia atau kanker darah disebabkan karena produksi sel-sel darah putih yang tidak terkendali.Jumlah sel darah putih pada penderita leukemia dapat mencapai 200.000/mm³ darah.Kelainan ini terjadi karena adanya kanker pada jaringan pembentuk sel darah putih.
(Http:Pustakanew.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment