Sunday 21 September 2014

pentingnya pertumbuhan Ekonomi



PENTINGNYA PERTUMBUHAN EKONOMI
PUSTAKA.COM
.

1)Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan KesejahtraanRakyat dikatakan semakin sejahtera jika setidak-setidaknya outputper kapita meningkat. Dalam literatur ekonomi makro, tingkatkesejahtraan tersebut diukur dengan Produk Domestik Bruto (PDB)per kapita. Makin tinggi PDB per kapita, makin sejahtra masyarakat.Agar PDB per kapita terus meningkat, maka perekonomian harusterus bertumbuh dan harus lebih tinggi dari pada tingkat pertambahanpenduduk. Jika pertambah penduduk suatu Negara adalah 2% pertahun, maka pertumbuhan PDB harus lebih besar dari 2% per tahun.2.

2)Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan KerjaMengingat manusia adalah salah faktor terpenting dalam prosesproduksi, maka dapat dikatakan kesempatan kerja akan meningkatbila output meningkat. Untuk meningkatkan kapasitas produksi suatupabarik tentu pihak pabrik harus manambah jumlah tenaga kerjanya.Sehingga apabila jumlah output meningkat mengindikasikan adanyapeningkatan kesempatan kerja.3.

3)Pertumbuhan Ekonomi dan Perbaikan Distribusi Pendapatan
 
Distribusi pendapatan yang baik adalah yang makin merata. Tetapitanpa adanya pertumbuhan ekonomi, yang terjadi bukan pemerataanpendapatan tatapi justru pemerataan kemiskinan. Pertumbuhanekonomi akan menghasilkan perbaikan distribusi pendapatan bilamemenuhi setidak-tidaknya dua syarat, yaitu memperluaskesempatan kerja dan meningkatkan produktivitas. Denganmeluasnya kesempatan kerja, maka akses rakyat untuk memperolehpenghasilan makin besar.4.

4)Persiapan Bahi Tahapan Kemajuan SelanjutnyaSuatu bangsa, terutama suatu perekonomian, dapat diumpamakansebagai manusia, yang tidak dapat menjadi besar dan dewasa dalamtempo semalam. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk mendewasansebuah perekonomian jauh lebih lama dibandingkan waktu yangdibutuhkan manusia untuk menjadi dewasa. Kita tidak dapatmenentukan batas waktu waktu usia kematangan suatuperekonomian. Hanya saja pengalaman Negara-negara majumenunjukkan mereka membutuhkan waktu sekitar tiga sampai limaabad untuk memodernisasi perekonomiannya.Kenyataan di atas menyisaratkan bahwa pertumbuhan ekonomimerupakan tangga untuk mencapai tahapan kemajuan ekonomiselanjutnya. Sebab, sebuah perekonomian yang mampu terus-menerus tumbuh dalam jangkat panjang (setidak-tidaknya dalamtempo lima puluh tahun), umumya telah memiliki kemampuan untuk menjadi modern. Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi jangkapanjang, yang dibutuhkan bukan saja tenaga kerja, bahan baku danteknologi, melainkan juga kelembagaan-kelembagaan ekonomi sosialmodern.


No comments:

Post a Comment