Saturday 20 September 2014

Pembagian dan jenis flora dan fauna di Indonesia (Geografi kelas XI)



Pembagian flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) di Indonesia dibedakan menurut garis yang disebut sebagai garis Wallace dan Weber. Alfred Russel Wallace merupakan seorang ahli Inggris yang pernah mengadakan penelitian tentang keanekaragaman fauna di hutan Amazon serta disusul oleh penelitian fauna di Indonesia pada tahun 1854 hingga 1862. Sedangkan Max William Carl Weber merupakan ilmuwan asal Jerman bidang zoologi (hewan) yang terkenal berkat beberapa jasanya, yaitu pernah memimpin ekspedisi laut Sibolga pada tahun 1899 hingga 1900 dan pernah pula mengadakan penelitian tentnag fauna di daerah Indonesia Timur pada tahun 1888.

Penelitian Wallace dan Weber tersebut kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa Indonesia memiliki tiga daerah pembagian flora dan fauna. Tiga daerah tersebut adalah Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur. Garis Wallace memisahkan antara flora dan fauna di Indonesia Barat dan Tengah, sedangkan garis Weber memisahkan antara flora dan fauna di Indonesia Tengah dan Timur.

Untuk memahami perbandingan antara ketiga daerah persebaran flora dan fauna di Indonesia tersebut, berikut merupakan peta sekaligus ulasannya.





#1: Indonesia Barat

Tipe flora dan fauna: mirip dengan flora dan fauna khas Asia.

Semakin ke kawasan timur, maka jenisnya semakin langka.

Contoh flora: pohon meranti, kemenyan, karet, kapur barus (kamper), dan lain sebagainya.

Contoh fauna: harimau tutul, gajah, badak, banteng, ular sanca, dan lain sebagainya.

#2: Indonesia Tengah

Tipe flora dan fauna: peralihan antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur

Flora dan fauna di Indonesia Tengah umumnya merupakan fauna endemik yang hanya terdapat di Indonesia.

Contoh fauna: kuskus, anoa, babi rusa, kera, dan lain sebagainya

#3: Indonesia Timur

Tipe flora dan fauna: mirip flora dan fauna Australia

Contoh flora: eucalyptus, rasamala

Contoh fauna: burung kasuari, beruang pohon, cendrawasih, kanguru, dan lain sebagainya

No comments:

Post a Comment