Friday 26 September 2014

PENGERTIAN PEMBANGUNAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBANGUNAN EKONOMI



PENGERTIAN PEMBANGUNAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBANGUNAN EKONOMI
a.Pengertian pembangunan ekonomi
                Pembanunan ekonomi adalah suatu proses perbaikan yang bersifat menyeluruh dalam struktur,sikap mental,social kemasyarakatan,dan kelembagaan nasional.
b.Faktor-faktor yang mempengaruhi pembanguna n ekonomi
                Beberapa factor yang sangat mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu Negara adalah sebagai berikut:
1.       Sumber daya Manusia (SDM) merupakan salah satu factor kunci dalam proses pembangunan,baik tidaknya perencanaan dan keorganiasasian,tergantung kepada kualitas manusia sebagai objek dan subjeknya.
2.       Sumber Daya Alam meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah,keadaan iklim atau cuaca ,hasil hutan,tambang,dan hasil laut,sangat mempengaruhi pembangunan ekonomi suatu Negara,terutama hal penyediaan bahan baku produksi.
3.       Ilmu pengetahuan dan Teknologi adalah alat bagi sumber daya manusia untuk mengolah sumber daya Alam secara produktif.
4.       Politik adalah system keadaan politik suatu Negara berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pembangunan.
5.       Sosial Budaya adalah nilai-nilai social budaya sangat berpengaruh terhadap proses pembangunan nilai-nilai tersebut dapat menjadi factor pendorong dalam pembangunan ekonomi.
6.       Sistem pemerintah,pemerintahan dengan system social akan memberikan warna yang berbeda terhadap proses pembangunan.

(Http://Pustakanew.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment