Friday 26 September 2014

UNSUR-UNSUR PERTUNJUKAN TEATER KREATIF



UNSUR-UNSUR PERTUNJUKAN TEATER KREATIF
Pustaka.com,Teater kreatif adalah teater yang dikembangkan berdasarkan gagasan baru yang tidak mengikuti  begitu saja teater yang sudah mentradisi.Teater kreatif merupakan kesenian yang sangat kompleks.Oleh karena itu,merancang suatu pertunjukkan teater kreatif bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.Hal ini dikarenakan tidak hanya melibatkan banyak seniman,melainkan juga mengandung  banyak unsure yang saling mendukung dan tidak terpisahkan.
1.UNSUR-UNSUR PERTUNJUKKAN
a.Naskah Drama
Bila kita hendak menyelenggarakan pertunjukan drama,yang pertama-tama kita Lakukan adalah naskah drama.Untuk memudahkan para pemain drama,naskah drama ditulis lengkap,bukan saja berisi percakapan melainkan juga disertai keterangan atau petunjuk pementasan.Petunnjuk itu bisa berupa gerakan pemain,tempat terjadinya peristiwa,atau benda0benda yang diperlukan.
b.Pemain
                Pemain adalah orang yang memperagakan cerita.Jumlah pemain yang dibutuhkan tergantung kepada banyaknya tokoh yang ada dalam naskah.Agar berhasil memerankan tokoh-tokoh yang terdapat dalam naskah,pemain harus dipilih dengan tepat.
                Berikut merupakan petunjuk dalam menentukan pemain.Pertama,pahami nasakh drama dengan pembacaan berulang kali.Dari dialog para tokoh dan penjelasan lainnya,maka dapat diketahui watak para tokohnya.Kedua,setelah diketahui watak tokoh tersebut,pilihlah pemain yang cocok dan mampu memerankan watak tokoh tersebut.Ketiga perhatikan usia tokoh agar sesuai.keempat bpertimbangkan juga kemampuan pemain.
c.Sutradara
                Sutradara adalah pemimpin dalam pementasan teater yang bertanggung jawab terhadap kesuksesan sutradara cukup banyak,karena beban dan tanggung jawabnya juga cukup berat.
d.Tata rias
                Tata rias adalah cara mendandani pemain.Orang yang mengerjakan tat arias disebut piƱata rias.
e.Tata Busana
                Tata busana adalah pengaturan pakaian pemain,baik bahan,model,maupun cara mengenakannya.
f.Tata Panggung
                Tata panggug adalah dekor yang diciptakan di atas panggung untuk memberikan gambaran kepada penonton tentang tempat kejadian cerita yang dipentaskan.
g.Tata Cahaya
                Tata cahaya adalah pengaturan lampu diatas panggung.Tata cahaya yang baik akan mampu menciptakan suasana-suasana yang diinginkan.
h.Tata Suara
                Tata suara berkaitan dengan music pengiring dan suara para pemain.Musik pengring diperlukan untuk membangun suasana tertentu dalam pertunjukan teater.
i.Penonton
                Penonton termasuk unsure penting dalam pementasan teater.Bagaimanapun sempurnanya persiapan,kalau tidak ada penonton rasanya drama tidak dimainkan.
(Http://pustakanew.blogspot.com)



No comments:

Post a Comment