Tuesday 7 October 2014

PENGERTIAN PENGANGGURAN DAN JENIS-JENISN PENGANGGURAN Pustaka.com



PENGERTIAN PENGANGGURAN DAN JENIS-JENISN PENGANGGURAN

Pustaka.com,
A.PENGERTIAN PENGANGGURAN
                Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja sama sekali,sedang mencari kerj,bekerja kurang dari dua hari selama seminggu,atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari keja tidak sebanding dengan jumlah kesempatan kerja atau lapangan kerja yang tersedia.
2.JENIS-JENIS PENGANGGURAN
a.       Menurut Faktor-faktor penyebabnya:
1.       Pengangguran Siklikal
Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang terjadi akibat siklus gelombang konjungtur atau perubahan naik-turunnya kondisi ekonomi.
2.       Pengangguran Teknologi
Pengangguran teknologi adalah pengangguran akibat perubahan teknologi.Misalnya penggantian tenaga manusia dengan mesin atau robot,becak diganti dengan mobil,dan teller bank diganti dengan mesin ATM (Authomatic Teller Machine )
3.       Pengangguran Struktural
Pengangguran Struktural adalah pengangguran karena perubahan struktur ekonomi dan corak ekonomi dalam jangka panjang.
4.       Pengangguran Friksional
Pengangguran Friksional adalah pengangguran yang terjadi sementara waktu.
b.      Menurut Ciri-Cirinya :
1)      Pengangguran Terbuka
Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan.Pengangguran ini banyak sekali penyebabnya,misalnya tenaga kerja sudah berusaha mencari pekerjaan,tetapi belum mendapatkan pekerjaan.
2)      Pengangguran Terselubung
Pengangguran Terselubung adalah jumlah pekerja suatu kegiatan ekonomi lebih banyak daripada yang sebenarnya di perlukan untuk melaksanakan pekerjaan.
3)      Pengangguran Musiman
Pengangguran Musiman adalah pengangguran akibat perubahan musim atau kegagalan musim.Misalnya,petani menganggur menunggu musim panen atau menganggur karena gagal panen.
4)      Setengah Menganggur
Di Negara-negara berkembang migrasi dari desa ke kota sangat pesat.Akibatnya tidak semua orang yang pindah ke kota memperoleh pekerjaan sesuai dengan yang di inginkan.Sebagian terpaksa jadi pengangguran sepenuh waktu.Selain itu pula yang tidak menganggur tetapi tdak bekerja penuh waktu.

No comments:

Post a Comment