Friday 3 October 2014

SENI BUDAYA LOKAL SEBAGAI BAGIAN DARI TRADISI ISLAM , PUSTAKA.COM



PUSTAKA.COM

SENI BUDAYA LOKAL SEBAGAI BAGIAN DARI TRADISI ISLAM

PUSTAKA.COM,Sebelum kita jauh melangkah kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan Seni Budaya Lokal sebagai Bagian dari Tradisi Islam.
Yang dimaksud dengan Seni Budaya Lokal sebagai Bagian dari Tradisi Islam adalah segala bentuk kesenian yang berasal dari atau berkembang di daerah-daerah di Indonesia yang dipengaruhi oleh ajaran Islam.
Adakah kaitan antara seni budaya Islam? Jelas ada ! perlu kita ketahui bahwa Islam adalah agama yang paling sempurna.Islam tidak hanya mengatur hubungan antara manusia dengan penciptanya saja tetapi juga mengatur hubungan antar sesama. Hubungan antara seorang muslim dan sang pencipta,diatur secara rinci dalam fiqih ibadah.Begitu pula dengan sesamanya (muamalah) dalam islam dipandu secara jelas dan lengkap.Di antaranya tentang membina keluarga,bertetangga,berteman,bermasyarakat,mencari nafkah,berkesenian,mengisi waktu luang,dan mengatur Negara dan pemerintah.Dalam seni terdapat seni yang berdampak positif dan negative dimana seni yang berdampak positif adalah seni  yang dapat menanmbah semangat Ibadah bagi pendengarnya.sedangkan Orang yang mendengar music yang indah lalu mabuk,ini dampak positf.Akan tetapi kalau Ia menajdi tenang dan semangat dalam bekerja ini adalah Dampak positif.Nah,yang haram itu dampak buruknya (negative) bukan seninya.
Seni  yang dampaknya dapat merusak jiwa raga dan akhlak menjadi haram sedangkan seni yang dapat membawa ketenangan pikiran dan ketentraman jiwa hukumya boleh atau mubah.
Berbagai Contoh Seni Budaya Loakl yang bernapaskan Islam Diantaranya :
1.       Salawat Nabi Muhammad Saw
2.       Musik Gambus dan Rebana
3.       Tari Zapin
4.       Tari Saudati
5.       Santriswaran
6.       Tari Menak (Yogyakarta)
7.       Suluk
8.       Wayang
9.       Kasidah.
(http://pustakanew.blogspot.com)

No comments:

Post a Comment