Sunday 5 October 2014

PROSES PENYEBARAN FAUNA DI DUNIA, PUSTAKA.COM



PROSES PENYEBARAN FAUNA DI DUNIA
PUSTAKA.COM,Alfred Russel Wallace (1876) membagi daerah penyebaran fauna berdasarkan evolusi fisiografik,klimatik dan Biotik yang berbeda dengan penyebaran wilayahnya,yaitu sebagai berikut :
1.   1.    Wilayah Ethiopia
Wilayah ini tersebar dari selatan Gurun sahara,Madagaskar,dan kawasan Arabian selatan.Faunanya antara lain :Jerapah,xebra,antilop,unta,badak,berbagai jenis kera,gorilam,lemur,babon,simpanse,kucing dan Anjing.
2.   2. Wilayah Paleartik
Wilayah ini mencakup kawasan Eropa dan Asia,mulai dari Eropa Barat sampai Selat Bering dan dari kutu utara sampai pegunungan Himalaya.Faunanya antara Lain :Bison,kucing kutub,tikus air,menjangan kutub,keledai air,kambing,marcopolo,landak,antilop,serigala,unta,biri-biri,harimau putih,gajah,macan tutul,ruas kutub,beruang,chamois,ibek,anjing laut,dan berbagai jenis burung.
3.     3.  Wilayah Oriental
Wilayah ini mencakup Kawasan selatan Asia,Asia tenggara,dan Pulau-pulau sekitarnya.Faunanya antara lain :Harimau,Gajah,gibbon,Orang utan,badak bercula satu dan bercula dua,menjangan,antilop,tapir dan Banteng.
44.Wilayah Australian
Wilayah ini mencakup Australia,Selandia Baru,papua dan Maluku.Faunanya antara Lain :Kangguru,kiwi,burung cendrawasih,kura-kura,buaya,badak,trenggiling,landak,kasuari,kelinci,tikus,koala dan sebgainya.
5.     5.  Wilayah Neartik
Wilayah ini mencakup kawasan Amerika Utara sampai kutub Utara dan Greenland.Faunanya antara lain :Domba gunung,caribou,bison,muskox,ayam kalkun,antilop,beruang,kambing gunung,domba bighorn,jaguar,serigala gurun,kelinci dan rusa.
6.  6.     Wilayah Neotropikal
Wilayah ini mencakup Kawasan Amerika Tenggara dan Amerika Selatan yang sebagian besar beriklim tropisdan beriklim sedang di selatan.Faunanya antara lain :Trenggiling,manjangan,babi,antilop,kuda,tapir,kera hidung merah,jaguar,puma,rusa,armadillo,guatusa,condor,guanaco,singa,kukang,anaconda dan Ular.
(http:pustakanew.blogspot.com)


No comments:

Post a Comment