Saturday 18 October 2014

Mobilitas Sosial



MOBILITAS SOSIAL

Pustaka.com,Istilah Mobilitas social berasal dari kata latin mobilis,yang berarti  “mudah dipindahkan” atau “banyak bergerak dari satu tempat ke tempat lain”.Dengan demikian ,istilah mobilitas social dapat diartikan sebagai satu gerak perpindahan seseorang atau kelompok warga dari status social yang satu ke status social yang lain.
                Menurut Kimbali Young,Mobilitas social (gerak social) adalah suatu gerak dalam struktur social,yaitu pola-pola tertentu yang mengatur kelompok social.
1.MOBILITAS VERTIKAL
                Mobilitas vertical adalah perpindahan individu atau objek social dari suatu kedudukan social tertentu ke kedudukan social lain yang tidak sederajat sehingga terjadi perubahan kedudukan,ada yang naik ada yang turun.
2.MOBILITAS HORIZONTAL
                Mobilitas social Horizontal merupakan pergeseran atau perubahan kedudukan seseorang dalam keadaan yang sama atau sederajat,atau sama status sosialnya ,skala social atau peran peran sosialnya relative sama.Misalnya perpindahan tempat tinggal,alih profesi yang sejenis, dan alih tugas yang sederajat.
3.MOBILITAS ANTARGENERASI DAN INTRAGENERASI
                Mobilitas Antargenerasi lebih bersifat vertical naik atau turun.kriterianya status social dan prestasi kerja pada generasi yang lebih muda.
Adapun Mobilitas Intragenerasi yaitu mobilitas social yang dialami seseorang dalam satu generasi sepanjang hidup.Misalnya guru menjadi kepala sekolah,kemudian menjadi pengawas,dan berikutnya menjadi Kepala Dinas P dan K.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOBILITAS SOSIAL
a.Perubahan kondisi social
b.Ekspansi territorial dan gerak penduduk.
c.Pembatasan atau keleluasan interaksi.
d.Sistem pembagian kerja.
e.Tingkat kelahiran yang berbeda.
f.Jaringan trasnsportasi dan komunikasi.
g.Tingkat pendidikan warga masyarakat.
h.Gerakan pembangunan.
(http://pustakanew.blogspot.com)

1 comment: